Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Avarage rating App 5/5. Vote count: 32.186

Penerapan Strategi Trading False Breakout

Sesuai dengan namanya, strategi trading false breakout akan mengacu pada pergerakan harga dibawah support atau di atas resistance. Berikutnya, akan diikuti juga oleh arah yang berbalik dan melanjutkan tren yang terjadi setelahnya.


Jenis-jenis False Break Pada Strategi Trading False Breakout

Supaya Anda tidak kecolongan saat open posisi, maka akan dijelaskan jenis-jenis false break dan mengantisipasinya saat terlihat di tradingview chart. Berikut diantaranya :

Bull and Bear Trap

Biasanya, bull and bear trap mempunyai pola 1 hingga 4 candle di level support resistance yang merupakan false break. Umumnya, ini terjadi setelah trend turun atau naik yang kuat dan harga dekat dengan levelnya support atau resistance. 

False Break Saat Sideways Berkonsolidasi

False break ini umumnya terjadi saat kondisi pasar ranging atau sideways, dan kemudian berkonsolidasi bagaimana pergerakan berikutnya. Biasanya, banyak yang terjebak saat support dan resistance telah tertembus. Cara menghindarinya yaitu menunggu bar yang menembus level resistance dan support selesai terbentuk dahulu.

Pola Fakey Bar

Pola fakey bar yang ada di setup price action menjadi tanda adanya sinyal palsu. Untuk menghindarinya, Anda bisa open posisi setelah inside bar. Ini akan lebih bagus lagi kalau ada pin sehabis adanya inside bar itu.

Antisipasi Saat False Break

Salah satu cara untuk mengantisipasi false break yaitu dengan price action. Pada time frame forex daily, strategi ini dapat diterapkan. Ketika terjadi false break, Anda dapat buka posisi berlawanan jika pasar mendukung. Level resistance dan support yang ditembus, perhatikan bagaimana price action-nya. Utamanya, pada ekor candlestick dekat level tersebut.

Selanjutnya, bisa lakukan analisa price action. Lihat bagaimana harga bereaksi ketika menembus level itu? Apakah nilainya ada di luar level yang tertembus?. Kalau tidak, umumnya terjadi retracement kuat bahkan berbalik (reversal). 

Untuk mempermudah gambarannya, akan diberikan contoh dibawah. Anda bisa melihat adanya false break pada grafik EUR/USD harian. Dalam gambar tersebut, false break selanjutnya membuat terjadi reversal ke tren turun atau downtrend kuat.


Sumber Gambar : www.inibizia.com


Dengan strategi trading false breakout yang telah dijelaskan, tentunya akan memberikan gambaran langkah yang harus dilakukan saat menghadapi kondisi tersebut. Jadi, peluang memperoleh profit tetap akan terbuka. 

Hanya saja, bermain trading tak semudah dibayangkan. Sekalipun banyak tips dan strategi untuk kesuksesan trading. Tetap saja, Anda harus siap dengan risiko gagal kapan saja.  





Baca Juga :

1. Game Slot Penghasil Uang 2022 Tanpa Deposit

2. Aplikasi dan Game Android Penghasil Uang terbaik 2022


Avarage rating app 5/5. Vote count: 32.186